Followers

PENEGAKAN HUKUM HAM DAN PELANGGARAN BERAT HAM DI INDONESIA







PENULIS :  M  Yus  Buer
17. 021. 900. 42
Konsentrasi  KhususPakar  Hukum  Tata  Negara,
Pasca  Sarjana, Univertas  Kristen  Indonesia
Jl. Diponegoro  No. 84 - 86
Email : buer121myus@gmail.com
Abstract
Track  record  of  the  importance  of  upholding  human  rights  law  in  Indonesian  against  various  cases  of  gross  human  rights  violations. Violence  against  human  rights  in  Indonesia  actually  adds  a  heavy  burden  to  the  state,  due  to  government  policies  that  are  very  controvercial,  not  smart, irrational, and  do  not  comply  with  the  human  rights  law  procedures  themselves.  In   this  case,  the  Indonesian  government  must  be  mature  and  aware  of  the  importence  of  upholding  human  rights  law  at  this  modern  hour,  because  Indonesian  has  ratified  8  (eight)  international  conventions  on  human  rights. Even  the 1945  Constitution  was  carried  out  4  (four)  consecutive  amandement   in  a  very  short  period  of  time,  which  then  contained  human  rights  in  chapter  XA, from  articles  28A  to  articles  28J. therefore,  the  stateis  given  the  absolute  obligation  and  responsibility  to  protect  humn  rights,  respect  humun  rights,  and  fulfill  human  rights.  Therefore,  the  state  must  act  wisely  and  be  responsible  for  various  cases  of  gross  violations  of  hhuman  rights  thet  continue  to  be  carried  out  by  the  state  security  apparatus, which  is  a  construction  of  the  abuse  of  state  power  over  human  rights  itself.
Kata  Kunci:  Tanggung  Jawab  Negara  Terhadap  Pelanggaran  Berat  HAM


Pendauluhan

Pada  dasarnya,  HAM  di  pandang  dari  berbagai  aspek.  Salah  satunya  adalah  aspek  historis,  untuk  itu  sangat  diperlukan  pemahaman  akan  sejarah  HAM.  Dengan  mempelajari  sejarah  (history)  HAM  akan  dapat  diketahui  hal-hal  yang   dapat  melatarbelakangi  kemunculan  dan  asal  usul  HAM  beserta  segala  aspek  yang  relevan  dengan  hal  tersebut.  Disamping   itu  pula  akan  dapat  membantu  untuk  memahami  HAM  sebagai   objek  kajian  yang  sangat  dinamis.[1]
Lahirnya  ide  tentang  HAM  ini  sesungguhnya  tidak  terlepas  dari  konstruksional  pemikiran  para  pemikir  besar  yang  mempengaruhi  kemunculannya maupun  perkembangan  HAM  yang  kita  kenal  pada  saat  ini.  Dengan  mempelajari  berbagai  teori  HAM  yang  ada  sekarang,  paling  tidak,  akan  dapat  kita  ketahui  berbagai  hal  yang  bersifat  elementeri  mengenai  eksistensi  dan  sumber  HAM,  kedudukan  HAM  sebagai   hak  yang  berkaitan   erat  antara  HAM  yang  satu  dengan  yang  lainnya.  Persoalan  yang  juga  tidak   kalah   pentingnya  dalam  mempelajari  HAM  adalah   menyangkut  prinsip-prinsip  dasar  yang  melandasi  hukum  HAM  internasional.  Menyangkut  mengenai  konsep perkembangan  HAM,  perlu  dipelajari  pula  hubungan  antara  hukum  HAM  internasional  dan  individu,  serta  masalah  universalisme  dan  partikularisme  HAM  yang  hingga  kini  masih  terus  di  perbincangkan  pada  tataran  teoritis  dan  praktisi.[2]
Dalam  hal  ini,  perlu  kita  mengetahui,  bahwa  sejarah  HAM  sesungguhnya  dapat  dikatakan  hampir  sama  tuanya  dengan dunia.  Mengapa  dikatakan  demikian,  karena  HAM  pada  dasarnya  memiliki  sifat  pelekat  (inherent)  pada  diri  setiap  manusia,  sehingga  eksistensinya  tidak  dapat  dipisahkan  oleh  ruang  dan waktu dari  sejarah  panjang  kehidupan  umat  manusia. Berbagai  upaya  untuk  mewujudkan  HAM  dalam  kehidupan  nyata  dari  duluh  hingga  saat  sekarang  ini,  tercermin  dari   manusia  dalam  mempertahankan  harkat  dan  martabatnya  dari  tindakan  represit  dan  sewenang-wenang  para  penguasa  yang  tiranisme. Timbulnya  kesadaran  manusia  akan  pentingnya  HAM  merupakan  factor  sangat  penting  yang  melatarbelakangi  dan  melahirkan  gagasan  yang  kemudian  dikenal  sebagai  HAM.
Hak  asasi  manusia  (HAM)  adalah  hak  asasi  yang   dapat  dimiliki  oleh  manusia  yang  tidak  bias  diambil  atau  dirampas  oleh  siapapun  termasuk  negara  dan  pemerintah. Sebab  umat  manusia  memiliki  HAM  karena  diberikan  oleh  negara,  pemerintah  atau-pun  berdasarkan  hukum  positif,  melainkan  berdasarkan  harkat  dan  martabatnya  sejak  lahir  sebagai  manusia  yang  utuh  dan  sempurna  terhadap  hak  asasinya.  Dengan  demikian,  faktor-faktor  pembedaan  seperti  ras, jenis  kelamin,  agama,  budaya,  adat-istiadat,  etnis,  warna  kulit,  rambut,  dan  Bahasa,  dapat  menegaskan  eksistensi  HAM  pada  diri  setiap  suku  bangsa.  Meskipun  demikian,  beberapa  pakar  menyatakan  bahwa  konsep  HAM  yang  sederhana  sampai  kepada  filsafat  Stoika  di  jaman  kuno  lewat  yurisprudensi  hukum  kodrati  (natural  law)  Grotius  dan   “ius  naturael”  dari  Undang-Undang  Romawi,  tampak  jelas   bahwa  asal  usul  konsep  HAM  yang  modern  dapat  dijumpai  di  dalam  Revolusi  Inggris,  Amerika  Serikat,  dan  Prancis  pada  abad  ke  17  dan   18.
Pada  konsep  tersebut  diatas, Hugo  de  Groot  seorang  ahli  hukum  Belanda  yang  dinobatkan  sebagai  Bapak  hukum  internasional  atau  yang  dikenal  dengan  nama  Latinya, Grotius,  dapat  mengembangkan   lebih  lanjut  teori  hukum  kodrati  Aquinas  dengan  memutus  asal  usulnya  yang  teistik  dan  membuatnya  menjadi  produk  pemikiran  sekuler  yang  rasional. Dengan  landasan  inilah  kemudian,  pada  perkembangan  selanjutnya,  salah  seorang  kaum  terpelajar  pasca   Renaisans,  John   Locke   mengajukan  pemikiran  mengenai  teori  hak-hak  kodrati.  Gagasan  John  Locke  mengenai  hak-hak  kodrati  inilah  yang  dapat  melandasi  munculnya  resolusi  hak  di dalam  resolusi  yang  meletup  di  Inggris,  Amerika Serikat,  dan  Prancis  pada  abad  ke  17  dan  18.
Paham  HAM  dapat  lahir  di  Inggris  pada  abad  ke  17.  Karena  Inggris  memiliki  tradisi  perlawanan  yang  lama  terhadap  segala  usaha  Raja  untuk  mengambil  kekuasaan  mutlak  (absolutism)  Raja. Sedangkan  “Magna  Carta  (1215)”  sering  keliruh  dianggap  sebagai  cikal  bakal  kebebasan  warga  negara  Inggris.  Piagam  ini  sesungguhnya  hanyalah  bentuk  kompromi  terhadap  pembagian  kekuasaan  antara   Raja  John   dan  para  bangsawannya,  dan  baru  belakangan  kata-kata  di  dalam  piagam  ini  masuk  dalam  konsep  “Bill  of  Rights”  pada  tahun  1689,  muncul  ketentuan-ketentuan  baru  untuk  melindungi  hak-hak  asasi  dan  kebebasan  individu.  Kemudian  pada  tahun  1979  dihasilkannya  pernyataan  “Habeas  Corpus”  yang  merupakan  sesbuah  dokumen  tentang  keberadaan  hukum  bersejarah  yang  dapat  menetapkan  bahwa  orang-orang  yang  ditahan  harus  dihadapkan  dalam  waktu  tiga  hari  kepada  seorang  hakim  dan  diberitahu  atas  tuduhan  apa  ia  ditahan.  Pernyataan  ini  merupakan  dasar  prinsip  hokum  bahwa  orang  hanya  boleh  ditahan  atas  perintah  hakim.[3]
Selanjutnya,  Bill  of  Ringths”  pada  tahun  1689  sebagaimana  diberikan  dengan  judulnya  yang  cukup  panjang  “Ac  act  Declaring  the  Rights  and  the  Liberties  and  the  subject  and  stting  the  succession  of  the  Crown”  (Akta  Deklarasi  Hak  dan  Kebebasan  Kaula  dan  Tata  Cara  Suksesi  Raja),  yang  merupakan  hasil  perjungan  parlemen  melawan  pemerintahan  kaum  raja-raja  wangsa  stuart  yang  sewenang-wenangan  pada  abad  ke  17.
Sikap  perlawanan  parlemen  ini  disahkan  setelah  Raja  James  II  di  paksa  turun  dari  takhta  dan  William  II  serta  Mery  II  naik  ke  singgasana  yang  dapat  memunculkan  “Resolusi  gemilang”  (Glorious  Resolution)  pada  tahun  1688,  karena  konsep  “Bill  of  Rights”  menyatakan  dirinya  sebagai  deklarasi  undang-undang  yang  ada  dan  bukan  merupakan  undang-undang  baru,  yang  menundukan  pemerintahan  monarki  di  bawah  kekuasaan  parlemen,  dengan  menegaskan  bahwa  kekuasaan  Raja  untuk  membekukan  dan  memberlakukan  seperti  yang  diklaim  raja  adalah  illegal.  Perlu  dicacat  pula  bahwa  dengan  adanya  “Bill  of  Rights”  timbul  kebebasan  untuk  berbicara  (speech)  dan  berdebat  (debate),  sekalipun  hanya  untuk  anggota  parlemen,  tetapi  juga  untuk  setiap  individu  pada  era  modernisasi  ini.
Berangkat  dari  konsep  tersebut  diatas,  dunia  masuk  dalam  babak  perkembangan  HAM  secara  internasional  setelah  dunia  mengalami  kehancuran  luar  biasa  akibat  PD  II.  Terbentuknya  Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB)  secara  mendesak  sebagai  organisasi  internasional  pada  tahun  1945  yang  tidak  dapat  dipungkiri  memiliki  pengaruh  yang  sangat  besar  bagi  pentingnya  perkembangan  HAM  dan  kemajuan  HAM  di  seluruh  dunia.  Hal  ini  ditandai  dengan  adanya  pengakuan  di  dalam  (United  Nations  Charter)  akan  pentingnya  HAM  dan  tujuan  di  dirikannya  PBB  sendiri,  yaitu  dalam  rangka  untuk  mendorong  penghormatan  tertinggi  terhadap  HAM  secara  internasional. Tonggakan  sejarah  pengaturan  HAM  yang  bersifat  internasional  (lintas  dunia)  dapat  dihasilakn  tepatnya  setelah   Majelis   Umum  PBB  mengesahkan  Deklarasi  Universal  HAM  (Universal  Declration  of  human  Rights /  UDHR)  pada  tanggal  10  Desember  tahun  1948.  Deklarasi  ini  merupakan  dokumen  internasional  sangat  penting  dan  pertama  yang  di  dalamnya  terdapat  katalog  HAM  yang  dibuat  berdasarkan  kesepakatan  internasional.[4]
Permasalahan
Dalam  penulisan  artikel  hukum  HAM ini, penulis  akan  memfokuskan  Imech   pada  konsep penegakan  HAM  dan  pelanggaran   berat   HAM  di  Indonesia  adalah  sebagai  berikut :
1.      Apa  yang  dimaksud  dengan    penegakan  hukum  HAM  dan  pelanggaran  berat  HAM  di  Indonesia   dan  bagaimana  posisi  kedudukan   hukum  HAM  terhadap  pelanggaran  berat  HAM   itu ?
2.      Bagaimana   tanggung   jawab   negara   dalam  menyelesaikan  berbagai  macam   kasus   pelanggaran   berat  HAM   di  Indonesia ?
Tujuan    Penelitian
Pada  dasarnya,  adapun  yang  menjadi  tujuan  penelitian  dalam   penulisan   artikel  hukum   HAM  ini  adalah  sebagai  berikut :
1.   Untuk Mendiskripsikan apa  yang  dimaksud  dengan  penegakan  hukum  HAM   di  Indonesia  dan  bagaimana  posisi  kedudukan  Hukum  HAM  terhadap  pelanggaranberat HAM  itu.
2.   Untuk  mendikripsikan  bagaimana  tanggung  jawab  Negara  terhadap berbagai  macam  kasus  pelanggaran  berat  HAM  di  Indonesia.

Istilah   Dan   Definisi   Hak  Asasi  Manusia  (HAM)
Istilah  dpat  dikenal  dalam  berbagai  Bahasa  asing,  antara  lain,  seperti ; human  rights, des  droit  de l’ homme,  the  rights  of  man,  basic  rights. Semua  istilah  secara  substansial  adalah  sama,  hanya  saja  peristilahannya  yang  berbeda.
Dalam  hal  ini,  HAM  adalah  singkatan  dari  hak  asasi  manusia,  dimana  masing-masing  kata  tersebut  mempunyai  makna. Oleh  karena  itu,  kata  “Hak” yang  berarti  sebagai  kepunyaan,  atau  kekuasaan  terhadap  sesuatu,  sedangkan  asasi  adalah  sesuatu  hal  yang  paling  utama  dan  mendasar.  Sehingga  dapat  kita  katakan  bahwa  HAM  adalah  sesuatu  hal  yang  paling  utama  dan  mendasar  yang  dapat  dimiliki  oleh  setiap  orang.  Dalam  prakteknya,  ada  banyak  sekali  pelanggaran  HAM  yang  terjadi  di  Indonesia.  Pelanggaram  HAM  ini   dapat  dilakukan  semata-mata  untuk  kekuasaan  dan  kepemilikan  sumber  daya  alam  yang  dimilikinya   oleh  suatu  bangsa  yang  dijajah.  Sebab  itu,  HAM  yang  dimiliki  oleh  semua  orang  pada  setiap  saat  dan  disemua  tempat  dimana  manusia  itu  berada  karena  manusia  dilahirkan  sebagai  manusia  yang  hak  asasinya  tidak  dapat  terkurang  dalam  hal  apapun. Oleh  karena  itu,  Hak-hak  tersebut  termasuk  hak  untuk  hidup,  hak  kebebasan  dan  harta  kekayaan.
Berikut  ini,  ada  beberapa  konsep  HAM  menurut  para  ahli  diantaranya  adalah  sebagai  berikut :
1.      Menurut  John  Locke,  bahwa  HAM  adalah  hak  asasi  yang  langsung  diberikan  oleh  Tuhan  kepada  setiap  manusia  sejak  lahir  sebagai  hak  kodrati, karena  HAM  bersifat  mendasar  (fundamental)  bagi  setiap  manusia  yang  pada  hakekatnya  suci  dan  murni.  Jadi  pengakuan  tidak  diperlukan  bagi  HAM,  baik  itu  pemerintah  maupun  dari  suatu  sistem  hukum  karena  HAM  bersifat  universal.
2.      Menurut  Miriam  Budiarjo,  bahwa  HAM  adalah  hak  asasi  yang  dimiliki  oleh  setiap  orang  sejak  dilahirkan  ke  dunia,  karena  hak  itu  sifatnya  universal  dan  abadi  tanpa  adanya  perbedaan  kelamin, ras,  warna  kulit,  rambut,  budaya,  suku,  dan  agama.[5]
3.      Menurut  Prof. Koentjoro,  bahwa  HAM  adalah  suatu  hak  yang  bersifat  asasi  dan  mendasar.  Karena  hak-hak  yang  dimiliki  oleh  setiap  orang  berdasarkan  kodratnya  yang  pada  dasarnya  tidak  bias  dipisahkan  dari  padanya,  sehingga  bersifat  suci.
4.      Menurut  Oemar  Seno  Adji,  bahwa  HAM  adalah  hak  asasi  yang  melekat  pada  setiap  martabat  orang  sebagai  insan  dari  ciptaan  Tuhan  yang  maha  kuasa,  yang  sifatnya  tidak  boleh  dilanggar  oleh  siapapun  termasuk  negara.
5.      Menurut  Pasal  1,  UU  No. 39/1999  Tentang  HAM,  menyatakan  bahwa  HAM  adalah  seperangkat  hak  yang  melekat  pada  diri  manusia  sebagai  makhluk  ciptahan  Tuhan  yang  maha  kuasa,  dimana  hak  tersebut  merupakan  anugarhnya  yang  wajib  dilindungi  dan  dihormati  oleh  siapapun.
         Selanjutnya,  berbicara  tentang  konsep  HAM  dan  pelanggaran  HAM  di  Indonesia,  tidak  terlepas  dari  prinsip-prinsip  HAM  dalam  konteks  hukum  HAM  internasional,  maka  akan  terkait  dengan  prinsip-prinsip  umum  hukum  internasional  (general  principles  of  law)  yang  juga  merupakan  salah  satu  sumber hukum  internasional  yang  utama  (primer)  di  samping  perjanjian  internasional (treaty),  hukum  kebiasaan  internasional  (customary   international law),  yurisprudensi,  dan  doktrin  (pendapat  para  ahli  terdahulu),  sehingga  suatu  prinsip  dapat  dikategorikan  sebagai  prinsip-prinsip  umum  hukum  internasional  yang  diperlukan  dua  hal,  yaitu  adanya  penerimaan  (acceptance)  dan  pengakuan  (recognition)  dari  masyarakat  internasional. Oleh  karena  itu,  prinsip-prinsip  HAM  yang  sudah  memenuhi  kedua  syarat  itu  dapat  memiliki  kategori  sebagai  prinsp-prinsip  umum  hukum.  Maka  pada  kenyataannya,  hal  itu  kemudian  dikombinasikan  ke  dalam  berbagai  instrument  hukum  internasional,  misalnya  perjanjian  internasional.
Beberapa  prinsip  telah  menjiwai  HAM. Prinspi-prinsip  tersebut  terdapat  di  hampir  semua  perjanjian  internasional  yang  kemudian  disalurkan  ke  dalam  hak-hak  yang  lebih  luas. Prinsip  kesetaraan, pelarangan  diskriminasi  dan  kewajiban  positif  yang  dapat  dibebankan  kepada  setiap  negara  yang  digunakan  untuk  melindungi  hak  asasinya. Oleh  karena  itu, gagasan  mengenai  HAM  dibangun  atas  prinsip  dasar  kesetaraan.  Prinspi   ini  secara  ratio  menekakan  bahwa  sesungguhnya  manusia  berkedudukan  setara  yang  menyangkut  harkat  dan  martabatnya,  karena  manusia  mempunyai  kedudukan  setara  di  dalam  HAM,  berbagai  perbedaan  yang  melekat  pada  diri  manusia  tidak  menyebabkan  status  sosial  kedudukannya    menjadi  tidak  setara,,  sebab  walaupun  begitu  tetaplah  ia  sebagai  manusia.  Hal  ini  tercermin  misalnya  dari  prinsip  “equality  pay  for  equal  work”  yang  dalam  “Universal  Declaration  of  human  Rights / UDHR”  dianggap  sebagai  hak  yang  sama  atas  pekerjaan  yang  sama.  Prinsip  tersebut  ini  sekaligus  juga  merupakan  HAM  dibidang  pembangunan  (rights  to  development).[6]
Dalam  konsep  tersebut,  kesetaraan  masyarakat  adanya  perlakuan  yang  sama  tanpa  mengurangi  hak asasinya,  dimana  pada  situasi  yang  sama  harus  pula  diperlakukan  dengan  sama,  dan  dengan  perdebatannya  itu,  dimana  pada  situasi  yang  berbeda  diperlukan  dengan  sama  pula. Pelanggaran  terhadap  diskriminasi  merupakan  salah  satu  bagian  penting.  Jika  semua  orang  setara,  maka  sehurusnya  tidak  ada  perlakuan  yang  diskriminasi  (selain  tindakan  afirmatif  yang  dilakukan  untuk  mencapai  kesataraan).  Prinsip  ini  dinamakan  prinsip  non-diskriminasi. Dalam  “International  Bill  of   human Rights”,  yaitu  UDHR,  ICCPR,  dan  ICESCR,  prinsip  ini  sudah  dimuatkan   secara  tegas,  bahkan  sebelunya,  hal  yang  sama  juga  telah  lebih  dahulu  ditegaskan  dalam  piagam  PBB  (Inited  Netion  Charter).
          Hukum  HAM  internasional  memperluaskan  konsep  diskriminasi  yang  di  dalam  “Universal  Declaration  of  human  Rights / UDHR”,  pada  tahun  1948,  dapat  menyebutkan  beberapa  alasan  mendasar,  antara  lain,  ras,  warna  kulit, jenis  kelamin, Bahasa,  agama, dan   budaya,  mendapat  politik  atau  opini  lainnya,  nasionalitas,  atau  kebangsaan,  kepemilikan  akan  suatu  benda  (property),  kelahirna  atau  status  lainnya,  semua  itu  merupakan  alasan   yang  tidak  terbatas  dan  semakin  banyak  pula  instrument  internasional  yang  memperluas  alasan  diskriminasi,  termasuk  di  dalamnya  orientasi  seksual,  umur  dan  cacat  tubuh.
Prinsip  kewajiban  positif  negara  timbul  sebagai  konsekuensi  logis  dan  adanya  ketentuan  menurut  hukam  HAM  internasional  yang  menyatakan  bahwa  individu  adalah  pihak  pemegan  HAM  (rights  bearer)  sedangkan  negara  berposisi  sebagai  pemegang  kewajiban (duty  bearer) tetapi  terbatas  terhadak  HAM,  yaitu  kewajiban  untuk  melindungi  HAM,  kewajiban  untuk  menjamin  HAM,  kewajiban  untuk  menghormati  HAM  dan  kewajiban  untuk  memenuhi  HAM  setiap  individu  itu.  Berdasarkan  hukum  HAM  internasional  kewajiban  diatas  merupakan  kewajiban  yang  bersifat  “erga  omnes”,  artinya  kewajiban  bagi  semua  negara  jika  menyangkut  norma-norma  HAM  yang  bergategori  sebagai  “jus  cogen”(peremptory  norm).misalnya  larangan  untuk  melakukan  perbuadakan,  genocide,  apartheid,  kejahatan  terhadap  kemanusiaan,  penyiksaan  dan  penahanan  secara  sewenang-wenang.

Kesadaran  Masyarakat  Internasional  Terhadap   Pentingnya   HAM
          Pada  dasarnya, Kesadaran  masyarakat  internasional  akan  pentingnya  perlindungan  hak  asasi  manusia  (HAM)  ketika  dunia  mengalami  krisis  kemanusia  luar  biasa  pada  PD  II  (prang  Dunia  Ke  II),  namun  dalam  tempo   lebih   dari  10  (sepuluh)  tahun  terakhir,  kesadaran  akan  HAM   berawal  mulai  dari  selatan  Afrika  ke  Uni  Soviet,  hingga  ke  Amerika  Latin,  negara-negara  Pasifik,  Zelandia  Baru,  Australia  dan  negara-negara  lain  di  berbagai  belahan  dunia,  yang   kesemuanya    merupakan  suatu  arus  dalam  perubahan  global  telah  meninggalkan  otokrasi-otokrasi  politik  dan  mengisolasikannya  bagaikan  para  pelaut  yang  berada  pada  bagian  bawah  laut  dari  gelombang  air  pajang  yang  tidak  mengenal  jurut.[7]
Pada  tahun  1989,  sejumlah  besar  negara  dipelbagai  belahan  dunia  dan  benua,  sudah  melaksanakan  Reformasi  yang  berbasasi  HAM,  dan  bergerak  ke  hara  kategori  kemunculan  dan  kemunculan  kembali  ke  hara  demokrasi  konstitusional,  yang  dapat  memproklamsikan  dukungan  besar  terhadap  HAM  internasional  dengan  ketulusan   hati   yang  nurani.  Semenjak  tahun  1989  misalnya,  komite  Helsinki  di  Polandia  telah  mengumumkan  bahwa  isu-isu  yang  berkaitan  dengan  ideology  akan  dapat  dikeluarkan  dari  kurikulum  sekolah-sekolah,  dan  di  gantikan  dengan  nilai-nilai  yang  terkandung  dalam  Deklarasi  Hak  Asasi  Manusia  (Universal  Declaration  of  human  Rights / UDHR)  tahun  1945.
         Diantara  rezim-rezim  baru  yang  terlibat  dalam  pembangunan  institusi  dan  kontruksi  demokrasi  konstitusional,  banyak  yang  berpandangan  bahwa  pendidikan  HAM  merupakan  sarana  penangkal  yang  tepat  untuk  mencegah  kambuhnya  kecederungan  pelanggaran-pelanggaran  HAM  biasa  dan  pelanggaran-pelanggaran  berat  HAM  (Gross  Violations  of  human  Rights / Extra-ordinary  Crime),  seperti  yang  terjadi  di  Indonesia,  bahkan  seorang  guru  besar  yang  bergelar  Profesor  yang  sekarang  menjadi  menteri  polukham  RI  Mahfud  MD, secara  tidak  sadar  mengatakan  bahwa  data  HAM  yang  diserakan  oleh  seorang  Aktivis  penggiat   HAM  Papua,  Veronica  Coman  kepada  Presiden  Jokowidodo  Di  Australia  baru-baru  ini   adalah  data  HAM  sampah.  Tentu   saja   kalimat   tersebut, justru  bentrokan  keras  dengan  kebijaksanaan  Presiden  Jokowidodo,  karena  Presiden  tersebut  sudah  menerima  data  HAM  itu.  Hal    ini  sangat  mencederai   integritas  pemerintah  Indonesia  dan   mempermalukan  dihadapan  mata   dunia   akan  pentingnya  penegakan  hukum  HAM   di  Indonesia,  sebab  hak  asasi  manusia  di  Indonesia  secara  rasional  dapat  disamakan  dengan  sampah.
Berangkat  dari  konsep  tersebut  diatas,  35  (tiga-puluh  lima)  negara  yang  menandatangani  persetujuan  Helsinki  pada  tahun  1975  misalnya,  telah  menyatakan  niat  mereka  agar  pada  dekade  berikut  ketika  masuk  abad  ke-20,  sekolah-sekolah  dan  institusi-institusi  pendidikan  di  dorong  untuk  mempertimbangkan  penyebarluasan  nilai-nilai  HAM  dan  kebebasan-kebebasan  fundamental  dalam  kurikulum  HAM  ini.  Bagi  sebagian  kalangan  yang  kurang  mendalami  bagaimana  kondisi  negara  Uni  Soviet  yang  telah  mengalami  disintegrasi,  tidak  bias  diterbayangkan  peristiwa-peristiwa  sekejam  semacam  penindasan  terhadap  agama,  peningkatan  tindakan  kekerasan  terhadap  kebebasan-kebebasan  berkumpul,  dan  pelanggaran  terhadap  hak-hak  asasi  warga  negara  minoritas  yang  terjadi  pada  waktu  itu,  kini  hanya  tinggal  hanya  cerita  saja.  Karena  pada  saat  itu,  memang  tidaklah  terbayangkan  berapa  lama  Reformasi  Uni  Soviet  yang  harus  dilaksanakan  sebelum  rakyatnya  dapat  menikmati  hak-hak  dasarnya  yang  merupakan  hak  asasinya.[8]
Di  tingkat  internasional,  regional,  dan  domestik,  sejak   berdirinya  Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB)  pada  tahun  1945,  sangat  kuatnya  penghormatan  terhadap  HAM  yang  dapat   ditandai  dengan  ditetapkannya  beberapa  institusi  HAM  yang  antara  lain  terdiri  atas :
1.      HAM Di  Tingkat  Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB)
a.       Charter  of  the  Nations  pada  tahun  1945,
b.      Universal  Declaration  of  human  Rights / UDHR,  pada  tahun  1948,
c.       Convention  Relating  to  the  Status  of  Refugees,  pada  tahun  1954,
d.      International  Convenant  on  the  Elimination  of  All  forms  of  Racial  Discrimination  (CFERD),  pada  tahun  1965,
e.       International  Convenant  on  Economic,  Social,  and  Cultural  Rights  (ICESCR),  pada  tahun  1966,
f.        Convention  on  the  Elimination  of  All  Forms  of  Discrimination  Against  Women  (CEDAW),  pada  tahun  1979,
g.      Convention  Against  Torture  and  Other  Cruel,  Inhuman  Degrading  Treatment  or  Punishment  (CAT),  pada  tahun  1984,
h.      Convention  on  the  Rights  of  the  Child  (CRD),  pada  tahun  1990,  dan
i.        Vienna  Declaration  and  Programe  of  Action (VDPA), pada  tahun  1993.

2.      HAM   Di  Tingkat  Regional
a.      European  Convention  on  human  Rights  (ICHR),  pada  tahun  1952,
b.     American  Convention  on  human  Rights  (ACR),  pada  tahun  1969,
c.      African  (Banjul)  Charter   on   Human   and  People’s  Rights  (ACHPR),  pada  tahun  1981,
d.     Cairo  Declaration  on  Human  Rights  in  Islam  (CDHRI),  pada  tahun  1990,
e.      Bangkok  Declaration  (BD),  pada  tahun  1993,  dan
f.       Asian  Human  Rights  Charter  (AHRC),  pada  tahun  1997.[9]

3.      HAM   Di   Tingkat   Domestik
a.       Declaration  of  the  Rights  of  man  and   Citizen  (Declaration  des  droits  de  l’homme  et  du  citiyen),  pada  tahun  1789  di  Prancis,
b.      Bill  of  Rights,  pada  tahun  1791  di  Amerika  Serikat,
c.       Charter  of  Rights  and  Fundamental  Freedom,  pada  tahun  1982  di  Kanada,
d.      Bill  of  Rights,  pada  tahun  1996  di  Afrika  selatan,
e.       Human  Rights  Act,  pada  tahun  1998  di  Inggris,
f.        Undang-Undang  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  di  Indonesia,  dan
g.      Undang-Undang  No. 26  Tahun  2000  Tentang  Peradilan  HAM  Ad  Hoc

Pengaturan  HAM  Dalam  Beberapa  Peraturan  Dasar  Dan  Peraturan  Perundang-Undangan  HAM  Di  Indonesia

Dalam  era  Reformasi,  pembangunan  HAM  di  Indonesia  dapat  mempunyai  landasan  hukum  yang  signitifkan  sejak  diberlakukannya  Keputusan  Presiden  (Kepres)  No.  129  Tahun  1998  Tentang  Rencana  Aksi  Nasional  Hak-Hak  Asasi  Manusia  (HAM)  atau  yang  lebih  dikenal    dengan  istilah  RAM-HAM  dari  tahun  1998  sampai  dengan   tahun  2003,  yang  dapat  ditetapkan  di  Jakarta  pada  tanggal  15  Agustus  tahun  1998.  Dengan  demikian,  Kepres  tersebut  ditegaskan    dalam  4  (empat)  pilar  utama  mengenai  pembangunan  hukum  HAM  di  Indonesia  adalah  sebagai  berikut :
1.      Persiapan  pengesahan  perangkat-perangkat  HAM  internasional,
2.      Diseminasi  konsep  pendidikan  HAM,
3.      Pelaksanaan  HAM  yang  ditetapkan  sebagai  prioritas  utama,  dan
4.      Pelaksanaan  isi  atau  ketentuan-ketentuan  berbagai  perangkat  internasional  mengenai  HAM  yang  telah  disahkan  oleh  pemerintah  Indonesia.
Dalam  konsep  tersebut  diatas,  pemberlakuan  Kepres  No.  129  Tahun  1998  tersebut  kemudian  di  ikuti  dengan  penerbitan  Intruksi  Presiden  (Impres)  No. 26  Tahun  1998  Tentang  “Menghentikan  Penggunaan  Istilah  Pribumi  dan  Non-pribumi  Dalam  Selurruh  Perumusan   Dan  Penyelenggaraan  Kebijakan,  Perencanaan  Program,  Ataupun  Pelaksanaan  Kegiatan  Penyelenggaraan  Pemerintahan”  yang  dikeluarkan  di  Jakarta  pada  tanggal  16  September  tahun  1998.  Dalam  pada  Impres  ini,  Presiden  menugaskan  kepada  Menteri  Koordinator  Bidang  Politik  dan  Keamanan  mengkoordinasi pelaksanaan Intruksi  tersebut  di  dalam  kalangan  para  Menteri  dan  pejabat-pejabat  lainnya  yang  dapat  disebutkan  dalam  kebijakan  tersebut  itu.
Eksistensi  kedua  peraturan  tersebut,  yang  kemudian  di  ikuti  dengan  pemberlakuan  Undang-Undang  No. 5  Tahun  1998  Tentang  Pengesahan    Convention  Against  Torture  and  Other  Cruel,  Inhuman   or  Degrading  Treatment  or  Punishment  (Konvensi  Menentang  Segala  Bentuk  Penyiksaan  dan  Perlakuan  atau  Penghukuman  yang  Kejam,  Tidak  Manusiawi  atau  Merehndakan  Martabat  Manusia).  Selanjutnya  pada  tanggal  9  Oktober  tahun  1998  Presiden  B.J.Habibie  mengeluarkan   Kepres  No. 181  Tahun  1998  Tentang  Komisi  Anti  Kekerasan  Terhadap  Perempuan. Kepres  ini  dikeluarkan  untuk  mencegahan  dan  penanggulangan  masalah  kekerasan  terhadap  perempuan.[10]
Dalam  Kepres  tersebut  dipertegaskan  bahwa  Komisi  ini  bersifat   independen,  yang  dapat  dikuatkan  dengan  pemberlakuan  Undang-Undang  No. 5  Tahun  1998  yang  kemudian  di  ikuti  dengan  penetapan  berlakunya  Ketetapan  Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  (MPR  RI)  No. XVII / MPR / 1998  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  (HAM),  yang  dapat  pula  ditetapkan  dalam  Siding   Istimewa  MPR  RI  pada  tanggal  13  November  Tahun  1998. Sekitar  30  (tiga  puluh)  tahun    sebelunya,  Rancangan  ketetapan  cemacam  ini  pernah  dibahas  dalam  siidang  umum  MPRS,  namun  tidak  jadi  disahkan  untuk  menjadi  suatu  ketetapan  MPRS  mengenai  pentingnya  penegakan  hukum  HAM  di  Indonesia.

Kewajiban  Negara  Terhadap  Hak  Asasi  Manusia   (HAM)

          Track-record   prosedur   hukum   HAM  mengenai  pelanggaran  berat  HAM  di  Indonesia,  menegaskan  bahwa  negara   merupakan   subjek  utama  yang  mempunyai  kewajiban  mutlak  untuk   melindungi   HAM  (protect  of  human  rights),  menjamin  HAM  (guearantee  of  human   rights),  menghormati  HAM  (respect  of  human  rights),  dan  memenhui  HAM  (fulfill  of  human  rights).Dalam  kaitannya  dengan  kewaniban  tersebut   terhadap   HAM,  negara  dituntut  untuk  tidak  menyalahgunakan  kekuasaannya  (abuse  of  power),  karena  pemahaman  negara  disini,  tidak  hanya  mencakup  pemerintah  (eksekutif),  melainkan  juga  legislatif  dan   ydikatif,  yang  termasuk  di  dalamnya  seluruh  aparatur  negara  dan  aparat  pelaksanakan  konsentrasi  hukum.
         Oleh  karena  itu,  kewajiban  negara  mencakup  kontruksi  HAM  secara  internasional  yang  dapat  diatur  dalam  berbagai  instrument  hukum  HAM  internasional,  antara  lain,  seperti  di  dalam  Universal   Declaration  of  human  Rights / UDHR”, “International  Covenant  on  Civil  and  Political  Rights / ICCPR”,  dan  “International  Convenant  on  Economic,  Social  and  Cultural  Rights / ICESCR”, yang  telah  disebutkan  sebelumnya,  Konvensi  Anti  Penyiksaan  (Convention  Against  Tortur / CAT).  Adapun  di  tingkat  nasional  kewajiban  negara  menyangkut  HAM  dapat  diatur  dalam  prosedir  peraturan  perundang-undangan  nasional,  sepeti  UUD  1945  amandemen  (***)  Bab  XA  Tentang  Hak  Asasi  Manusia,  Pasal  28A   sampai  dengan  Pasal  28J, dan  Undang-Undang  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  (HAM).[11]
Secara   konseptual,   kewajiban   negara  menyangkut  HAM  dapat  diwujudkan  dengan   perlindungan  HAM  setiap  individu  dari  penyalahgunaan  kekuasaan  negara,  menjamin  eksistensi  HAM  setiap  individu  dalam  ketentuan  hukum  maupun  di  dalam  pelaksanaannya,  dan  memenuhi  HAM  setiap  individu. Misalnya   terdapat   hak   untuk  hidup(rights  to  live),  dan  hak  untuk  tidak  disiksa  (rights  not  to  be  tortured),  oleh  sebab  itu,  sesuai  kewajibannya,  negara  harus  membuat  aturan-aturan  hukum  yang  melarang  praktek-praktek  penyiksaan,  dan  penahanan  secara  sewenang-wenang,  untuk  melindungi  setiap  individu  dari  tindakan  penyiksaan  yang  tidak  memanusiawi.  Negara  juga  harus  menjamin  bahwa  setiap  individu  harus  benar-benar  bebas  dari  tindakan  penyiksaan  itu.  Negara  juga  harus  pula  memenuhi  hak  untuk  tidak  disiksa  secara  nyata.  Disisi  lain  negara  juga  diberikan  kewajiban  untuk  memberikan  kompensasi  kepada  para  korban,  memberikan  restitusi  dan  Rehabilitasi  sebagai  bentuk  rasa  tanggung  jawab  negara  terhadap   HAM.
       Dalam   hal  ini, kewajiban  negara  terhadap  HAM  dapat  ditemukan   adanya  6  (enam)  macam  HAM  yang   paling    mendasar   yang   harus  di  penuhi  oleh  negara  adalah  sebagai  berikut :
1.      Personal  Right   (Hak  Asasi  Pribadi), yaitu  hak  asasi  pribadi  adalah  hak  asasi  yang  dimiliki   oleh   setiap  orang,   misalnya  hak  kebebasan,  hak  untuk  hidup,  hak  untuk  memeluk  agama,  hak  kebebasan berkeyakinan  dan   beribadah  sesuai  dengan  iman  kepercayaannya,  hak  kebebasan  untuk  mengeluarkan  pendapat,  perasahan  dan  hati  nurani.
2.      Property  Right(Hak  Asasi  Ekonomi),  yaituhak  asasi  ekonomi  adalah  hak  asasi   yang  dimiliki  oleh  seseorang,  misalnya  hak-hak  untuk  memiliki  suatu  barang  (rumah,  tanah,  perlengkapan  rumah  tangga,  dan  lain-lain),  hak  membeli  dan  menjual  barang,  hak  memanfaatkan  barang  milik  pribadi,  hak  berusaha  dan  memperoleh  penghidupan  yang  layak,  dan  lain-lain.
3.      Right  Of  Legal  Equality  (Hak  Asasi  Dalam  Hukum  Dan  Pemerintahan),yaitu  hak  asasi  dalam  hukum  dan  pemerintahan  adalah  hak-hak  yang  dimiliki  oleh  setiap  orang  untuk  mendapatkan  perlakuan  yang  sama  di  dalam  hukum  dan  pemerintahan,  seperti  hak  untuk  mendapatkan  perlindungan  hukum,  hak  untuk  berpartisipasi  dalam  pemerintahan.  Jika  hak-hak  tersebut  tidak  terpenuhi,  maka  hal  dersebut  masuk  dalam  kategori  pelanggaran  hokum HAM.  Oknum  dan  atau  pelaku  tindakan  pelanggaran  HAM  harus  di  proses  secara  hukum  dan  dijatukan  hukuman  yang  setimpal  sesuai  dengan   ketentuan  hukum  yang  berlaku  surut.[12]
4.      Political  Rights(Hak  Asasi  Politik), yaitu  hak  asasi  politik  adalah  hak-hak  yang  dimiliki  oleh  setiap  orang  atau  individu  di  bidang  politik,  seperti  hak  memilih  dan  dipilih  dalam  pemilihan  umum,  hak  mendirikan  partai  politik,  hak  mendirikan  organisasi,  hak  memasuki  organisasi  sosial  politik,  hak  kebebasan  berpolitik,  hak  kebebasan  dalam  melaksanakan  kegiatan  politik,  dan  lain-lain.  Jika  ada  oknum  atau  orang  yang  berusaha  untuk  melanggar  dan  merampas  hak  asasi  politik, maka  pelaku  tersebut  wajib  ditindak  secara  hukum.
5.      Social  and  cultural  Right  (Hak  Asasi  Sosial  Dan  Budaya), yaitu  hak  asasi  sosial  dan  buaya  adalah  hak  asasi  yang  di  miliki  oleh  setiap  orang  di  bidang  kehidupan  sosial  dan  budaya,  seperti  hak  untuk  memperoleh  pendidikan,  hak  untuk  memperoleh  pelayanan  sosial,  hak  untuk  memperoleh  pelayanan  kesehatan,  hak  kebebasan  bergaul  di  dalam  masyarakat,  hak  untuk  ikut  serta  dalam  kegiatan  kemasyarakatan,  kebebasan  mengembangkan  nilai-nilai  budaya,  hak  kebebasan  untuk  menghasilkan  karya,  dan  hak-hak  lainnya,
6.      Procedural  Rights (Hak  Asasi  Prosedur  Hukum), yaitu  hak  asasi  prosedur  hukum  adalah  hak  asasi  yang  dapat  di  miliki  oleh  setiap  individu  untuk  mendapatkan  perlakuan  yang  sama   sesuai  dengan  tata  cara  peradilan  dan  perlindungan   hukum,  seperti  dalam  hak  tata  cara  penangkapan,  penyidikan,  penggeladahan,  pembelaan  hukum,  peradilan  dan  lain  sebagainya.
Tuntutan  Penyelesaian  Kasus-Kasus  Pelanggaran   HAM   Di   Indonesia
Di  samping  menetapkan  perubahan  kedua  UUD  1945,  dalam  Siding  Tahunan  Pertama  Tahun  2000  tersebut,  MPR  melakukan  pembahasan  terhadap  laporan   tahunan  Lembaga-Lembaga  Tinggi  Negara  dalam  melaksanakan  GBHN  dan  Ketetapan-Ketetapan  MPR  lainnya.  Hal  ini  tertuang  dalam  Ketetapan  MPR  No. VIII / MPR / 2000  Tentang  Laporan  Tahunan  Lembaga-Lembaga  Tinggi  Negara  pada  siding  tahunan  MPR  tahun  2000.  Dalam  Ketetapan  tersebut,  khususnya  yang  berkaitan  dengan  penyelesaian  kasus-kasus  pelanggaran  HAM,  MPR  memberikan  catatan  yang  menyatakan  bahwa  “penyelesaian  kasus-ksus  pelanggaran  hak  asasi  manusia  (HAM)  masih  terkesan  lamban,  diskriminatif,  dan  belum  tuntas  sementara  praktek-praktek  pelanggaran-pelanggaran  HAM  terus  berlaungsung  bahkan  sering  terjadi  penyalahgunaan  upaya  penegakan  hak  asasi  manusia”.[13]
Sehubungan  dengan  penilaian  terhadap  penyelesaian  kasus-kasus  pelanggaran  HAM  tersebut,  MPR  kemudian  menugaskan  kepada  Presiden  untuk  segera  menyelesaikan  kasus-kasus  pelanggaran  HAM  secara  serius  dan  adil.  Selanjutnya,  pada  tanggal  23  November  Tahun  2000,  sebagai  pengganti  Perpu  No. 1  Tahun  1999  yang  ditetapkan  dengan  Undang-undang  No. 26  Tahun  2000  Tentang  Peradilan  HAM  Ad  Hoce.  Salah  satu  latar  belakang  pembentukan  UU  No. 26  Tahun  2000  ini  sebagaimana  tercantum  dalam  bagian  penimbangan yang  menyatakan   bahwa   Pembentukan  Peradilan  HAM  Ad  Hoce  ini  untuk  menyelesaikan  pelanggaran-pelanggaran  HAM  biasa  dan  Pelanggaran-pelanggaran  berat  HAM  yang  telah  diupayakan  oleh  pemerintah   berdasarkan  Perpu  No. 1  Tahun  1999  Tentang  Pembentukan  Pengadilan   HAM  Ad  Hoce,  yang   dapat  di  nilai  tidak  memadai,  sehingga  tidak  diselesaikan  oleh  DPR  RI  untuk  menjadi  Undang-Undang  dan  karena  itu,  Perpu  tersebut  harus   dicabut.
Selanjutnya  dapat  dikaitkan  dengan  penugasan  MPR  kepada   Presiden  untuk  di  selesaikan  kasus-kasus  pelanggaran  HAM  biasa  maupun  pelanggaran  berat  HAM  tersebut.  Penugasan  tersebut  kemudian  sempat  ditindak-lanjuti  oleh  Presiden  Abraham  Wahid  dengan  menerbitkan  “Keputusan  Presiden  (Keppres)  No. 53  Tahun  2001  Tentang  Pembentukan  Peradilan  HAM  Ad   Hoce   Pada  Pengadilan  Negeri  Jakarta  Pusat”  pada  tanggal  23  April  Tahun  2001.  Dalam  konsteks  tersebut,  Pembentukan  Keppres  ini  dilakukan  sebagai  pelaksanaan  Pasal  43  ayat  (1)  UU  No. 26  Tahun  2000  Tentang  Pengadilan  HAM  Ad  Hoce,  yang  menegaskan  bahwa  pelanggaran  HAM  yang  berat  yang  terjadi  sebelum  berlakunya  Undang-Undang  ini  diperiksa  dan  di  putuskan  oleh  pengadilan  HAM  Ad  Hoce.
Dalam  Keppres  tersebut  dinyatakan  bahwa  pengadilan  HAM  yang  di  bentuk  di  Pengadilan  Negeri  Jakarta  Pusat,  dapat  berwenang  untuk  memeriksa  dan  memutus  perkara  pelanggaran   HAM  yang  berat  yang  terjadi  di  Timor-Timor  pada  pasca-jajak  pendapat  dan  yang  terjadi  ditanjung  Priok  pada  tahun  1984.  Namun  tidak  sempat   Keppres  tersebut  dilaksanakan  pada  awal  Megawati  Soekarno-Putri  menjadi  Presiden  RI.  Keppres  tersebut  ini  justru  mengalami    revisi,  dengan  menerbitkan  Keppres  No. 96  Tahun  2001  Tentang  Perubahan   Atas  Keputusan  Presiden  No. 53  Tahun  2001  Tentang  Pembentukan  Pengadilan  HAM  Ad  Hoc  pada  Pengadilan  Negeri  Jakarta  Pusat.  Bagian  dari  Keppres  tersebut  yang  kesempurnaan   adalah  Pasal  2,  dengan  maksud  untuk  lebih  memperjelas  tempat  dan  waktu  tindak  pidana  (locus  dan  tempus  delicti)  pelanggaran  HAM  berat  yang  terjadi  di  Timor-Timor  dan  Tanjung  Priok. Pengadilan  HAM  Ad  Hoce  dapat  berwenang  untuk  memeriksa,  menetap  dan  memutus.
Berdasarkan  Pasal  2  dinyatakan  bahwa  pengadilan   HAM  Ad  Hoce,  berwenang  untuk  memerikasa  dan  memutus  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM  yang  terjadi  di  Timor-Timur  dalam  wilayah  hukum  Liquica,  Dilli,  dan  Suai,  pada  bulan  April  tahun  1999,   dan  bulan  September  1999  yang  terjadi  di  Tanjung  Priok  pada  bulan  September  tahun  1998.  Dalam  pelaksanaan  Sidang  Tahunan  MPR  RI  pada  bulan  November  Tahun  2001,  masalah  pelanggaran  kasus-kasus  HAM  berat  ini  menjadi  sorotan  utama.[14]
Pada  konteks  ini  MPR  RI  dapat  menilai  bahwa  kasus-kasus   pelanggaran  HAM  berat  belum  dilaksanakan  secara  cepat,  adil,  beradap,  dan   tuntas,  bahkan  masih  terkesan,  lambat  laun  dan  diskriminatif,  sehingga  belum  mencapai  rasa  keadilan  hukum  bagi  masyarakat  umum.  Berkaitan  dengan  hal  tersebut  diatas,  MPR  RI  menugaskan  kepada  presdiden  untuk  segera  menyelesaikan  proses  penyidikan  dan  tuntutan  hukum  atas  perkara-perkara  dugaan  pelanggaran  berat  HAM
Berkaitan  dengan  penyelesaian  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM  tersebut  ini,  MPR  RI,  juga  pernah  menegaskan  melalui  Ketetapan  MPR  RI  No. V / MPR / 2000  Tentang  Pemantapan  Persatuan  Dan  Kesatuan  Nasional,  agar  dibentuk  Komisi  Kebenaran  Dan  Rekonsiliasi  (KKR).  Karena  dalam  Ketetapan  MPR  RI  ini  jelas  menugaskan  kepada   pemerintah   untuk  segera  menundak   lanjuti   Ketetapan  MRP  RI  yang  berbunyi : “Pembentukan  Komisi  Kebenaran  Dan  Rekonsiliasi  Nasional  Sebagai  Lembaga  Extra  Yudisial  Yang  Jumlah  Anggota  Dan  Kriterianya  Di  Tetapkan  Dengan  Undang-Undang.  Komisi  Ini  Untuk  Menegakan  Kebenaran  Dengan  Mengungkapkan  Penyalahgunaan  Kekuasaan  Dan  Pelanggaran  HAM  Pada  Masa  Lalu  Sesuai  Dengan  Ketentuan  Hukum  Dan  Perundang-Undangan  Yang  Berlaku  Surut,  Dan  Melaksanakan  Rekonsiliasi  Dalam  Persfekti  Kepentingan  Bersama  Sebagai  Suatu  Bangsa  Yang  Merdeka  Dan  Beradab.  Langkah-Langkah  Setelah  Penggungkapan  Kebenaran,  Dapat  Dilakukan  Pengakuan  Kesalahan,  Permitaan  Maaf,  Pemberian  Maaf,  Perdamaian,  Penegakan  Hukum,  Amnesty,  Rehabilitasi,  Atau  Alternatif  Lain  Yang  Bermanfaat  Untuk  Menegakan  Persatuan  Dan  Kesatuan  Bangsa  Dengan  Sepenuhnya   Yang  Dapat  Memperhatikan  Rasa  Keadilan  Dalam  Masyarakat,  Bangsa,  Dan  Negara”.[15]
Realisasi  Ketetapan  inilah  yang  ditanyakan  oleh  MPR  RI  dalam  Sidang  Tahunan  kedua  pada  bulan  November  tahun  2001.  Hal  ini  sesuai  dengan  pertanyaan  MPR  RI  yang  menegaskan  bahwa  amanat   Ketetapan  MPR  RI  No. V / MPR / 2000,  tersebut  khususnya  untuk  membentuk  Komisi  Kebenaran  Dan  Rekonsiliasi  yang  belum  direalisasikan  oleh  pemerintah.  Karena  MPR  RI  menugaskan  kepada  Presiden  agar  Presiden   bersama  DPR  RI  membentuk  Undang-Undang  Tentang  Komisi  Kebenaran  Dan  Rekonsiliasi  terhadap  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM.

Penegakan  Hukum  HAM  Di  Tingkat  Nasional  (Indonesia)

         Pembukaan  Deklarasi  Universal  HAM  dapat  menyatakan  bahwa  perlindungan  terhadap  HAM  harus  dilaksanakan  melalui  sarana  hukum,  hal  ini  dinayatakan  sebagai  berikut : “Whereas  it  is  essential  that  human  rights  should  be   protected  by  the  rule  of  law” ,  hal  tersebut  ini  dapat  diartikan  bahwa  di  tingkat  Nasional  Masalah  perlindungan  HAM  harus  diatur  terlebih  lanjut  melalui  sarana  hukum  dan  diharapkan  aspek  kepastian  hokum  terhadapp  perlindungan  HAM  akan  lebih  terjamin.  Berdasarkab  Pasal  2  UU  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  (HAM),  ditegaskan  bahwa  Negara  Republik  Indonesia  mengakui  dan  menjunjung  tinggi  hak  asasi  manusia  (HAM)  dan  kebebasan  dasar  manusia  sebagai  hak  yang  secara  kodrati  melekat  pada  manusia  dan  tidak  terpisahkan  dari  manusia  itu,  yang  harus  di  lindungi,  di  hormati,  dan  ditegakan  demi  peningkatan  martabat  kemanusiaan,  kesejahteraan,  kebahagiaan,  dan  kecerdasan,  serta  keadilan.[16]
Oleh  kareha  itu,  tract-record   HAM  telah  mendapat  pengakuan  secara  prosedur  hukum  nasional.  Peningkatan  terhadap  HAM  tentunya  akan  berimplikasi  pada  pelanggaran  hokum  HAM.  Hal  ini  dikarenakan   HAM  adalah  hak  hukum  (legal  rights)  yang  pemenuhannya  menjadi  tanggung  jawab  negara.  Dalam  hal  ini,  Indonesia  sebagai  negara  anggota  PBB,  tentu saja  mempunyai  kewajiban  untuk  melindungi,  (to  protect),  menjamiin  (to  ensure),  dan  memenuhi  (to  fulfill)  terhadap  HAM.  Disamping  secaea  moral,  Indonesia  juga  memmpunyai  kewajiban  secara  hukum  untuk  mewujudkan  ketiga  hal  tersebut  diatas,  yang  telah  dinyatakan  dalam  UU  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  (HAM).
Pada  dewasa  ini,  penegakan  hukum  HAM  di  Indonesia  telah  didukung  dengan  berbagai  peraturan  perundang-undangan.  Landasan  konstitusionalitas  terhadap  HAM  di  Indonesia  juga  telah  diatur  secara  tegas  dalam  konstitusi  (UUD  1945),  sebagai  sumber  hukum  tertinggi  dalam  negara  hukum  dan  demokrasi. UUD  1945  secara  ekplisit  telah  mengatur  HAM  di  dalam  Bab  XA,  dari  Pasal  28A  sampai  dengan  Pasal  28J.  berangkat  dari  konsep  dasar  itu,  penegakan  hukum  HAM  di  Indonesia  secara  kelembagaan  terdapat  dua  institusi  yang  mempunyai  peran  yang  sangat  penting,  yaitu  Komisi  Nasional  Hak  Asasi  Manusia  (Komnas  HAM)  dan  Pengadilan  HAM  Ad  Hoce.  Kedua  lembaga  atau  institusi  ini  berdiri  secara  Independen  diluar  pengaruh  politik  pemerintah  dan  sangat  penting,  terutama  kita  kaitkan  dengan  masalah  pelanggaran  berat  HAM  (Gross  Violations  of  human  Rights /  Extra-ordinary  Crime).
Dalam  konsep  tersebut,  Komnas  HAM  dapat  didirikan  berdasarkan  Keppres  No. 50  Tahun  1993  dengan  tujuan  untuk  pengembangan  kondisi  yang  kondusif  bagi  pelaksanaan  HAM  serta  peningkatan  perlindungan  HAM.  Untuk  mewujudkan  tujuan  tersebut,  Komnas  HAM  melakukan  sejumlah  kegiatan  yang  pada  intinya  memuat  tiga  hal  mendasar,  yaitu  :
1.      Menyebarluaskan  wawasan  HAM  pada  masyarakat  Indonesia,  dan  internasional,
2.      Pengkajian  berbagai  instrument  HAM  PBB  dalam  rangka  aksesi / ratifikasi,  dan
3.      Pemantauan,  penyelidikan,  penyidikan,  dan  pelaksanaan  HAM.
         Dalam babak  perkembangan  selanjutnya,  eksistensi  Komnas  HAM  lebih  di  kuatkan  dengan  adirnya  UU  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia,  Dan  UU  No. 26  Tahun  2000  Tentang  Peradilan  HAM  Ad  Hoce.  Dalam  hal  ini  Komnas  HAM  memiliki  kewenangan  sebagai  penyelidik,  sedangkan  Jaksa  Agung  sebagai  penyedik  dalam  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM. Pengadilan  HAM  Ad  Hoce  dapat  di   bentuk  sebagai  amanat  dari  UU  No. 39  Tahun  1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia  (HAM)  untuk  mengadili  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM,  sebagai  tindak  lanjuti  dari  ketentuan  tersebut  di  bentuklah  Undang-Undang  tersendiri  sebagai  dasar  hokum  pembentukan  pengadilan  HAM  Ad  Hoc,  yaitu  UU  No.  26  Tahun  2000  Tentang  Pengadilan  HAM  Ad  Hoce.
Dengan  demikian,  pengadilan  HAM  Ad  Hoce,  merupakan  pengadilan  khusus  dan  independen  diluar  lingkungan  pengadilan  umum   dan  memiliki  tugas  dan  kewenangan  untuk  memeriksa,  menetap,  dan  memutuskan   perkara  pelanggaran  berat  HAM.  Adapun  pelanggaran  berat  HAM  yang  dimaksud  yang  melitpuh, Kejahatan  Genocide,  Kejahatan  Apartheid, Kejahatan  Terhadap  Kemanusiaan, Kolonialisme  (Crimes  Against  Humanity).Oleh  karena  itu,  UU  No. 26  Tahun  2000  Tentang  Pengadilan  HAM  Ad  Hoce,  dapat  menentukan  bahwa  untuk  kasus-kasus  pelanggaran  berat  HAM  yang  terjadi  sebelum  Undag-Undang  ini  di  Undangkan  akan  di  periksa,  ditetapkan,  dan  diputuskan  oleh  pengadilan  HAM  Ad  Hoce,  atas  usulan  DPR  RI  berdasakan  peristiwa  tertentu  yang  akan  ditetapkan  dengan  Keputusan  Presiden  (Keppres).


Penutup

Berdasarkan  uraian  tersebut  diatas  dapat  ditemukan  beberapa  hal  sebagai  berikut :
1.  Berakhirnya  PD  II  (Prang  Dunia  II)  didirikan  Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB),  dan  dihasilkan  Deklrasi  Hak  Asasi  Manusia  (Universal  Declaration  of  human  Rights / UDHR)  pada  thaun  1945  dan  instrumen-intrumen  HAM   internasional   serta  diakuinya  hak  asasi  individu  sebagai  subjek  hukum  internasional  dalam  perkembangan  HAM  di  dunia.
2.      Hukum  internasional  menegaskan  bahwa  HAM  harus  di  lindungi,  dihormati,  dan  dipenuhi  melalui  sarana  hukum  (should  be  protected  by  the  rule  of  law).
3.      Dalam  kaitannya  dengan  penegakan  hukum  HAM  di  tingkat  Nasional.  Secara  yuridisi  normatif  dan  institusional,  pada  saat   ini  Indonesia   telah  mengesahkan  sarana  hukum  HAM  untuk,  melindungi,  menjamin,  dan  memenuhi  HAM.  Hal  ini  dapat  dibuktikan  dengan  adanya  pengesahan  terhadap  8  konvensi  internasional  dan  yang  diterapkan  melalui  peraturan  perundang-undangan  yang  secara  substansial  dapat  mengatur  HAM.  Adapun  secara  institusional,  yang  menerapkan dengan  adanya  lembaga-lembaga  yang  dibentuk  secara  khusus  dan  independen  tentang  masalah  HAM,  misalnya  Komnas  HAM  dan  Peradilan  HAM  Ad  Hoce.[18]
4.      Penegakan  hukum  HAM  di  tingkat  Nasional  dapat  juga  di  dilaksanakan    dengan  cara  menerapkan  prinsip  yurisdiksi  universal  (Universal  jurisdiction)  pada  pengadilan  HAM  nasional  suatu  negara.
5.      Penegakan  hukum  HAM  internasional  dalam  system  di  bahwa  PBB  yang  dilakukan  dengan cara :
Ø  Melalui penjanjian  internasional  dalam  kerangka  PBB  (United  Nations  Treaty  based),
Ø  Membentuk  pengadilan  pidana Ad  Hoce,  berdasarkan  resolusi  DK-PBB,  dan
Ø  Pembentukan  pengadilan  campuran (hybrid   tribunal)  berdasarkan  prinsip  tanggung  jawab  negara  (principles  state  responsibility).
6.      ICC  merupakan  sarana  penegakan  hukum  HAM  yang  mendasarkan  pada  perjanjian  internasional  (international  treaty),  yaitu  Statute  Roma  1998.  Walaupun  ICC  adalah  sistem  yang  bersifat  otonom,  namun  dapat  memiliki  hubungan  keterikatan  dengan  PBB,  khususnya  dengan  DK-PBB  dalam  hal  suatu  sistem  penggunaan  mekanisme  pemicu  (trigger  mechanisms).

Daftar  Pustaka
1.       Acott  Davidson,  Hak  Asasi  Manusia,  Sejarah, Teori  dan  Praktek  dalam  Pergaulan  Internasional, Jakarta:  Grafiti,  1994, hlm.2.
2.       Rhona  K. M. Smith, et. al., Hukum  Hak  Asasi  Manusia, Yogyakarta: PUHAM-UII, 2008, hlm.11.
3.       Franz  Magnis  Suseno, Etika  Politik  Prinsip-prinsip  Moral  Dasar  Kenegaraan  Modern,  Jakarta: Gramedia, 1994, hlm.123.
4.       Andrey  Sujatmoko,Vidi  Human  Rights  Question  and  Answers, New  York: United  Nations  Departement  of  Public  Information, hlm.57.
5.       Thomas  Buergenthal, International  Human  Rights, St.  Paul, Minn.: West  Publishing  Co., 1995, hlm. 1.
6.       Richard  Pierre  Claude  dan  Burns  H. Weston, eds.  Human  Rights  in  the  World  Community  (Philadelphia: University  of  Pennsylvannia  Press,  1995), hlm.9.
7.       Satya  Arinanto, “Negara  Orde  Baru  dan  Hak-hak  Rakyat”, Hukum  dan  Pembangunan  Februari,  1997, hlm. 6.
8.       Satya  Arinanto,  Hak  Asasi  Manusia  dalam  Transisi  Politik  di  Indonesia, Pusat  Studi  Hukum  Tata  Negara,  Fakultas  Hukum  UI, 2018, hlm.1.
9.       Frank  Newma  dan  David  Weissbrodt, oleh  Satya  Arinanto, Selectid  International  Human  Rights  Instrument  (Cincinnati: Adreson  Publishing  Co., 1990. Hlm. 4.
10.   Ian  Brownlie, ed., Basic  Document  on  Human  Rights,  atau  Document-Document  Pokok  Mengenai  Hak  Asasi  Manusia, terj. Beriansyah dan  Rudiansyah  (Jakarta: Penerbit  Universitas  Indonesia  (UI-Press), 1993. Hlm.4-5.
11.   Lihat  Ismail  Sany, “Agenda  Perubahan  UUD  1945,”  dalam  Tim  Pakar  Hukum  Departemen  Kehakiman  dan  Hak  Asasi  Manusia  RI,  Gagasan  dan  Pemikiran  tentang  Pembaharuan  Hukum  Nasional  (Jakarta: Tim  Pakar  Hukum  Departemen  Kehakiman  dan  Hak  Asasi  Manusia  RI, 2002). hlm. 125.
12.   Republik  Indonesia, Undang-Undang  tentang  Pengesahan  Convention  Against  Torture  and  Other  Cruel, Inhuman  or  Degrading  Treatment  or  Punishment  (Konvensi  Menentang  segala  Penyiksaan  dan  Perlakuan  atau  Penhukuman  Lain  yang  Kejam,  Tidak  Manusiawi,  atau  Merendahkan  Martabat  Manusia),  UU  No. 5  Tahun  1998, LN  Nomor  164  Tahun  1998. TLN  No. 3783., hlm. 7.
13.   A. James  Mc  Adams, ad., Transnasional  Justice  and  the  Rule  od  Law  New  Democracies  (Notre  Dame : University  of  Notre  Dame  Press, 1997), hlm.43.
14.   Republik  Indonesia, Keputusan  Presiden  tentang  Pengadilan  Hak Asasi  Manusia  Ad  Hoce  pada  Pengadilan  Negeri  Jakarta  Pusat, Keppes  Nomor  53  Tahun  2001, Bagian  Menimbang  butir  a. hlm. 33.
15.   Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  Republik  Indonesia, Putusan  Majelsi  Permusyawaratan  Rakyat  Republik  Indonesia  Tahun  2002  (Jakarta: Sekretariat  Jendral  MPR  RI, 2002), hlm.62.
16.   Lihat  Pula  Satya  Arinanto, “Pengaturan  Hak  Asasi  Manusia  Dalam  Rangka  Amandemen  UUD  1945”, (Makalah  Disampakan  dalam  “Seminar  Amandemen  UUD  1945  yang  di  selenggarakan  oleh  Badan  Pembinaan  Hukum  Nasional  Departemen  Kehakiman  dan  HAM  RI  di  Jakarta, 9-10  Oktober  2001), hlm.3.
17.   Republik  Indonesia,  Undang-Undang  tentang  Hak  Asasi  Manusia,  UU  No. 39  Tahun  1999, LN  Nomor  165  Tahun  1999, TLN  Nomor  3886.








[1]Acott  Davidson,  Hak  Asasi  Manusia,  Sejarah, Teori  dan  Praktek  dalam  Pergaulan  Internasional, Jakarta:  Grafiti,  1994, hlm.2.
[2]Rhona  K. M. Smith, et. al., Hukum  Hak  Asasi  Manusia, Yogyakarta: PUHAM-UII, 2008, hlm.11.
[3]Franz  Magnis  Suseno, Etika  Politik  Prinsip-prinsip  Moral  Dasar  Kenegaraan  Modern,  Jakarta: Gramedia, 1994, hlm.123.
[4]Andrey  Sujatmoko,Vidi  Human  Rights  Question  and  Answers, New  York: United  Nations  Departement  of  Public  Information, hlm,57
[5]Thomas  Buergenthal, International  Human  Rights, St.  Paul, Minn.: West  Publishing  Co., 1995, hlm. 1.
[6]Richard  Pierre  Claude  dan  Burns  H.  Weston, eds.  Human  Rights  in  the  World  Community  (Philadelphia: University  of  Pennsylvannia  Press,  1995), hlm.9.
Satya  Arinanto, “Negara  Orde  Baru  dan  Hak-hak  Rakyat”, Hukum  dan  Pembangunan  Februari,  1997, hlm. 6.
[7]Satya  Arinanto,  Hak  Asasi  Manusia  dalam  Transisi  Politik  di  Indonesia, Pusat  Studi  Hukum  Tata  Negara,  Fakultas  Hukum  UI, 2018, hlm.1.
[8]Frank  Newma  dan  David  Weissbrodt, oleh  Satya  Arinanto, Selectid  International  Human  Rights  Instrument  (Cincinnati: Adreson  Publishing  Co., 1990. Hlm. 4.
[9]Ian  Brownlie, ed., Basic  Document  on  Human  Rights,  atau  Document-Document  Pokok  Mengenai  Hak  Asasi  Manusia, terj. Beriansyah dan  Rudiansyah  (Jakarta: Penerbit  Universitas  Indonesia  (UI-Press), 1993. Hlm.4-5.
[10]Lihat  Ismail  Sany, “Agenda  Perubahan  UUD  1945,”  dalam  Tim  Pakar  Hukum  Departemen  Kehakiman  dan  Hak  Asasi  Manusia  RI,  Gagasan  dan  Pemikiran  tentang  Pembaharuan  Hukum  Nasional  (Jakarta: Tim  Pakar  Hukum  Departemen  Kehakiman  dan  Hak  Asasi  Manusia  RI, 2002). hlm. 125.
[11]Republik  Indonesia, Undang-Undang  tentang  Pengesahan  Convention  Against  Torture  and  Other  Cruel, Inhuman  or  Degrading  Treatment  or  Punishment  (Konvensi  Menentang  segala  Penyiksaan  dan  Perlakuan  atau  Penhukuman  Lain  yang  Kejam,  Tidak  Manusiawi,  atau  Merendahkan  Martabat  Manusia),  UU  No. 5  Tahun  1998, LN  Nomor  164  Tahun  1998. TLN  No. 3783., hlm. 7.
[12] A. James  Mc  Adams, ad., Transnasional  Justice  and  the  Rule  od  Law  New  Democracies  (Notre  Dame : University  of  Notre  Dame  Press, 1997), hlm.43.
[13]Republik  Indonesia, Keputusan  Presiden  tentang  Pengadilan  Hak Asasi  Manusia  Ad  Hoce  pada  Pengadilan  Negeri  Jakarta  Pusat, Keppes  Nomor  53  Tahun  2001, Bagian  Menimbang  butir  a. hlm. 33.
[14]Majelis  Permusyawaratan  Rakyat  Republik  Indonesia, Putusan  Majelsi  Permusyawaratan  Rakyat  Republik  Indonesia  Tahun  2002  (Jakarta: Sekretariat  Jendral  MPR  RI, 2002), hlm.62.
[15]Republik  Indonesia,  Undang-Undang  tentang  Hak  Asasi  Manusia,  UU  No. 39  Tahun  1999, LN  Nomor  165  Tahun  1999, TLN  Nomor  3886., hlm.16.
[16]Lihat  Pula  Satya  Arinanto, “Pengaturan  Hak  Asasi  Manusia  Dalam  Rangka  Amandemen  UUD  1945”, (Makalah  Disampakan  dalam  “Seminar  Amandemen  UUD  1945  yang  diselenggarakan  oleh  Badan  Pembinaan  Hukum  Nasional  Departemen  Kehakiman  dan  HAM  RI  di  Jakarta, 9-10  Oktober  2001), hlm.3.
[17]Ibid
[18]Ibid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENEGAKAN HUKUM HAM DAN PELANGGARAN BERAT HAM DI INDONESIA"